05 Maret, 2012

Rihlah in Winter (3) Casablanca, Maroko

Objek  rihlah terakhir saya di musim dingin yang lalu ialah kota Casablanca  (Arab: الدار البيضاء: Rumah putih), kota ini merupakan kota terbesar dan tersibuk di maroko. Selain itu kota ini juga di juluki kota Bisnis dan Ekonomi (Madinah al-Iqtishod). Ketika pertama kali saya mengunjungi kota ini kesan itupun saya temui, dengan banyaknya gedung-gedung pencakar langit dan arus kendaraan yang cukup padat, walau masih kalah jika kita bandingkan dengan kota Jakarta di tanah air.

Tujuan saya dalam rangka rihlah ke kota Casablanca ini ialah untuk  mengunjungi acara pameran buku Internasional yang dihadiri oleh 44 negara Timur Tengah dan beberapa Negara Eropa, sekaligus berkunjung ke mesjid Hassan II (Dibaca:tsani) kerena kebetulan tempat pameran internasional ini berada tepat di seberang jalan mesjid tersebut.


Biar para pembaca bisa menikmati keindahan dan keunikan mesjid ini, saya akan berikan diskripsi singkat yang saya petik dari beberapa sumber bacaan elektronik tentang mesjid megah ini, dan pengalaman saya pribadi saat berkunjung ke mesjid ini. Selamat berimajinasi yaa,hehe…~!~

Mesjid Hassan II merupakan Salah satu ikon kota Casablanca yang sangat tersohor di belahan dunia, dan merupakan masjid terbesar dan termegah ketiga di dunia setelah masjid Nabawi di Madinah al-Munawwarah, dan masjid al-Haram di Mekkah al-Mukarromah. Sedangkan menaranya merupakan menara tertinggi di dunia (210 m2/689 kaki). Puncak menara ini dilengkapi cahaya laser ke arah Masjidil Haram (kiblat), Makkah.

Mesjid Hassan II dibangun di tepi perairan Samudra Atlantik, tepat di sisi barat Maroko. Perancang mesjid ini adalah seorang arsitek yang di datangkan dari perancis langsung, yakni  Michel Pinseau dan dibangun oleh Bouygues Dengan di pengaruhi gaya arsitektur Moorish dan mirip Masjid Al Cordoba di Spanyol.
Mesjid Hassan II (nampak dari arah samping)
Mesjid Hassan II (nampak dari arah depan)
Menara Mesjid Hassan II
Nama mesjid Hassan II sendiri di nisbatkan kepada Raja Maroko yang berkuasa pada saat pembangunan mesjid ini, yakni Raja Hassan II. Beliau adalah raja Maroko yang berkuasa sejak 1961 hingga ia wafat pada 1999. Ia merupakan putra tertua dari Sultan Mohammed V, raja Maroko sebelumnya. Beliau (Sultan Mohammed V) merupakan sahabat proklamator bangsa kita, Bung Karno.

Arsitektur Pembangunannya dilandasi narasi mitologis bahwa singgasana Allah berada di atas air (QS: Hud ayat 6).

Kala itu raja Hassan II berujar :"Saya berharap Casablanca diberkati dengan sebuah bangunan besar dan indah (masjid) yang dapat dibanggakan hingga akhir waktu … Saya ingin membangun masjid itu di atas air karena singgasana Allah ada di atas air. Dengan begitu, orang-orang beriman yang pergi ke sana untuk shalat dan memuji penciptanya, bisa berkontemplasi dengan langit dan lautan milik Allah."

Harapan dan mimpi besar itu diungkapkan Raja Hassan II pada ulang tahunnya yang ke-51, pada 9 Juli 1980.

Konstruksinya dimulai pada Juli 1986, dan ditargetkan selesai pada ulang tahun ke-60 Raja Hassan II pada 1989.Target tersebut gagal terpenuhi dan masjid itu baru selesai dibangun pada 30 Agustus 1993 (pembangunan selesai dalam jangka 6 tahun), dengan kapasitas ruang shalat utama yang dapat menampung 25 ribu jamaah. Sedangkan halaman luas mencapai 9 hektare dapat menampung 80 ribu hingga 100 ribu jama'ah.

Proyek pembangunan Masjid Hassan II diperkirakan menelan biaya hingga sekitar 800 juta dolar  AS (Rp 8 triliun) yang sebagian besar diperoleh dari sumbangan masyarakat. Hanya sepertiganya yang berasal dari sumbangan kerajaan. Kala itu Masjid Hassan II disebut-sebut sebagai masjid termahal sedunia.

Keistimewaan lain dari  Masjid ini, selain dari interior dan arsitekturnya yang luar biasa, ternyata mesjid ini juga  dirancang tahan gempa lengkap dengan pemandian khas Turki dan  sebahagian lantai yang terbuat dari kaca, agar jama’ah yang sholat dapat menikmati pemandangan bawah laut secara langsung, kerena setengah bagian mesjid ini berada di permukaan laut.
Ruang tempat sholat jama'ah pria (belakang;/ petang hari)

Ruang tempat sholat jama'ah pria (belakang;/siang hari)
Bagian dinding ruang shalat dan luar masjid diberi hiasan ukiran kaligrafi dari potongan ayat Al-Quran yang ditulis sangat indah. Gambar-gambar indah menyiratkan kekuasaan dan keesaan Allah SWT. Selain itu mesjid ini juga tak luput dari sentuhan teknologi modern. Selain pendingin ruangan, masjid ini pun memiliki pemanas lantai, agar bila musim dingin tiba para jama’ah merasa nyaman duduk di atasnya. Pintunya digerakkan dengan menggunakan listrik. Atapnya pun bisa terbuka dan bergeser seperti atap yang terdapat di halaman Masjid Nabawi Madinah. Sebagai simbol semua ibadah yang dilakukan di masjid ini akan dibawa ke atas (surga).
Salah satu tiang yang terdapat tulisan khot ayat-ayat al-qur'an
Ruang tempat sholat jama'ah pria (depan)
Nampak lantai atas(sebelah kanan)ruang tempat jama'ah wanita 
Dalam proses pembangunannya, para pekerja dan material bangunan hampir semuanya lokal, hanya beberapa tiang granit putih dan lampu kristalnya yang didatangkan dari Italia. Meskipun demikian meterial lokal tersebut disulap menjadi sangat artistik oleh 6.000 pengrajin tradisioanl Maroko. Alhasil, dengan keterampilan tinggi yang ada pada para pekerja  itu, material lokal itu menjelama menjadi mosaik, lantai marmer bercorak unik, relief, dan plafon yang keindahannya membuat pengunjung terpesona.

Halaman dan taman mesjid ini juga sangat indah yang tertata begitu rapi, dilengkapi dengan kolam air mancur. Burung-burung merpati yang berada dia areal mesjid menambah keindahan  mesjid ini. Selain untuk tempat sholat, masjid ini juga menyediakan berbagai fasilitas lainnya, seperti klinik, perpustakaan, dan tempat berolahraga.
Air mancur dan merpati yang berkeliaran di pelataran mesjid
Mesjid nampak dari seberang jalan
Tempat yang pertama kali saya kunjungi di casablanca ialah mesjid Hassan II ini, ketika berada tepat di depan pelatar mesjid ini, kesan megahnya langsung menyergap raga saya, tertegun dengan eksotisnya arsitektur dan ornamennya yang sangat luar biasa, sungguh menakjubkan bagi saya, tak pernah sebelumnya mata dan raga ini tertegun begitu lama ketika menyaksikan keindahan-keindahan mesjid yang pernah saya kunjungi sewaktu di tanah air. Kalimat  tayyibahpun tak terasa meluncur dari lidah saya, subhanallah, maha suci Allah. Sungguh luar biasa karyamu ya Allah.

Setelah beberapa menit saya tertegun (takjub tak kepalang) di depan pelataran mesjid ini, sayapun tidak sabar untuk berkeliling menikmati pemandangan yang luar biasa ini dari segala sudut dan arahnya.

Sambil berkeliling dan menatap tinggi serta megahnya menara yang menjulang itu, sayapun melihat banyaknya turis asing yang non muslim ikut menikmati pemandangan ini. ternyata mereka juga ikut berdecap kagum dengan kemegahan mesjid ini. Banyak turis dari eropa dan asia yang berkunjung ke mesjid ini, bahkan saya menyaksikan mereka datang dengan rombongan. Para turis bisa menikmati keindahan interior dengan masuk langsung kedalam mesjid. Hal ini kerena Masjid Hassan II dan Masjid Tin Mal adalah dua masjid di Maroko yang terbuka untuk umum dan pengunjung non-Muslim.

Semua pengunjung dapat membeli tiket masuk masjid dan akan dipandu oleh pemandu tur yang menjelaskan detail dari interior masjid. Namun, para turis non muslim itu saya lihat, hanya boleh menikmati interior lantai bawah mesjid itu saja, tidak di lantai atas tempat jama’ah melaksanakan sholat.
Jangan heran jika kita yang bukan penduduk maroko ditanya apakah kita muslim ketika ingin masuk kedalam mesjid untuk melaksanakan sholat sekalipun. Hal ini wajar adanya, kerena turis asing banyak berkeliaran di areal mesjid.
minta diphotoin sama pak polisi(hehe,,kesana'a sendirian soal'a)
klo ini, hasil jepretan penjaga kebersihan areal mesjid
Tempat di samping kiri dan kanan pelataran mesjid, bisa kita gunakan untuk duduk santai menikmati indahnya samudra atlantik yang luas, seluas mata memandang, bak sedang berada di pantai dengan deru ombak yang memberikan rasa damai bagi para pengunjung.

Tempat stand buku Arab Saudi (ini mah di tempat pameran buku)
 Setelah merasa puas, sayapun akhirnya meninggalkan mesjid itu, menyeberang jalan menuju tempat dimana pameran buku diadakan. Sungguh pengalaman unik dan menyenangkan bisa berkunjung ke mesjid itu, semoga di bulan ramadhan nanti saya bisa merasakan nikmatnya melaksanakan sholat taraweh disana. Amin yaa robbal ‘alamin,,,.

0 komentar:

Posting Komentar

kritik dan saran yang konstruktif selalu kami tunggu dari para pembaca yang budiman,,,,,!!!