11 Juni, 2012

Sekilas Potret singkat Maroko

Letak geografis dan Iklim

Maroko
Kerajaan Maroko ( Arab: المملكة المغربية) adalah sebuah negara dengan luas daratan 710, 850 km2. terletak di ujung utara bagian  barat benua Afrika. Membentang luas dari utara, berbatasan dengan laut Mediterania, dan dari Barat oleh Samudra Atlantik (dengan garis pantai yang panjangnya lebih dari 3000 Km), dan dipisahkan dari Benua Eropa oleh Selat Gibraltar atau yang dulu dikenal dengan Selat Jabal Thoriq (14 Km – berseberangan langsung dengan Spanyol). Dan berbatasan dengan Mauritania di Selatan, Dan Al-jazair di Timur.
Maroko berada di zona waktu Greenwich, sehingga waktunya pun mengadopsi Greenwich mean time atau menyamakannya dengan waktu Greenwich.
Dikarenakan Maroko berada jauh dari di utara garis khatulistiwa, maka negara ini pun memiliki empat musim, layaknya Eropa. Yaitu musim panas ( Juni-Agustus ), musim gugur (September-November), musim dingin (Desember-februari), dan musim semi (Maret-Mei).

Cuaca di Maroko yang paling dominan adalah di daerah mediterania, yang meliputi bagian barat Maroko dan utara dikarenakan Samudra Atlantik dengan kelembaban yang tinggi dan sejuk dibanding wilayah lain seperti Maroko bagian tengah dan selatan dengan perbedaan suhu yang tinggi.

Sementara zona Atlas Utara lembab, dengan turunnya hujan dan salju pada musim dingin, sedangkan padang pasir (sahara) dengan suhu yang panas mendominasi Maroko bagian selatan.

Sistem pemerintahan dan tata administrasi

Sebagai negara muslim berdaulat, Kerajaan Maroko berbentuk monarki demokratis, sosial dan konstitusional, diatur oleh konstitusi tahun 1972 yang telah diamandemen pada tahun 1980, tahun 1992, dan pada bulan september 1996.

Raja yang berkuasa sekarang  bernama Muhammad VI (Arab: الملك محمد السادس). lahir di kota Rabat,Maroko. pada tanggal 21 Agustus 1963, anak kedua pasangan Raja Hassan II dan Lalla Latifa Hammou dari sebuah keluarga Berber yang ternama. Ia menerima gelar mahkota kerajaan pada 23 Juli 1999 setelah sang ayah wafat. Maka Beliau pun merupakan raja ke-23 dari Dinasti Alaoui (dinasti ini berkuasa sejak abad ke-17 M).

kursi parlemen terdiri dari dari: Dewan perwakilan rakyat (DPR) yang dipilih melalui pemilihan umum langsung, dan Dewan Pertimbangan yang dipilih melalui pemilihan tidak langsung.

pemerintah yang terdiri dari Perdana Menteri dan Menteri, bertanggungjawab kepada Raja dan DPR. Setelah pengangkatan anggota anggota pemerintah oleh Raja, Perdana Menteri menyampaikan program yang akan dilakukan.

Sedangkan secara administratif, Kerajaan Maroko menjadikan Rabat sebagi ibu kota kerajaan (kota inipun sekarang dikenal dengan kota administarsinya Maroko). Kerajaan terdiri dari 16 provinsi yang dibagi kedalam 18 wilayah. Yang kemudian dibagi menjadi daerah-daerah kecil dan komunitas, termasuk 1.547 komunitas perkotaan dan pedesaan.

Bahasa, Agama, dan Mata Uang

Bahasa resmi Negara Kerajaan Maroko ialah bahasa Arab, dan bahasa Perancis sebagai bahasa kedua yang juga digunakan secara luas oleh penduduk Maroko. Sedangkan bahasa Spanyol, Inggris, Jerman, dan Italia juga diajarkan di sekolah menengah dan perguruan tinggi.
Selain bahasa resmi dan bahasa asing diatas, Maroko juga memiliki bahasa lokal, yaitu bahasa Darrijah (lahjah Arab yang terkontaminasi oleh beberapa bahasa asing seperti perancis dan spanyol), dan ada juga bahasa Amazighiyah sebagai bahasa suku Amazigh (Berber) yang merupakan penduduk asli Maroko yang banyak menghuni wilayah tengah dan pegunungan Atlas, Maroko.

Sedangkan agama resmi kerajaan ialah agama Islam (sunni). Selain itu, Konstitusi Negara juga melindungi praktik kegiaatan agama samawi lainnya, seperti Yahudi dan Nasrani.

kemudian, mata uang Nasional ialah Dirham (DH), yang dibagi kedalam 100 sen. Dengan nialai tukar: 1 $ USD = 8,5 DH, 1 EURO = 11 DH. Terdiri dari uang logam dan kertas.
pecahan mata uang kertas terbesar Maroko
200 DH
Lambang Negara, Bendera; Semboyan dan Lagu kebangsaan


Lambang Negara Kerajaan Maroko terdiri dari dua ekor singa yang bertengger pada kursi singgasana yang diatasnya terdapat mahkota dan bintang segi lima, seperti dibawah ini :

lambang Kerajaan Maroko

Bendera Negara Kerajaan Maroko terdiri dari sebuah bintang segi lima berwarna hijau pada sebuah latar belakang berwarna merah. Bendera baru ini ditampilkan pada hari kemerdekaan Maroko pada tahun 1956. Pada abad ke-17 bendera ini ditemukan oleh Dinasti Alaoui. 
Bendera Kerajaan Maroko
Semboyan Negara Kerajaan Maroko ialah : Allah, Negara, Raja (الله ,الوطن, الملك = Allāh, al Waţan, al Malik)
Semboyan Kerajaan Maroko


Lagu Kebangsaan Kerajaan Maroko: Hymne Cherifien (Arab: النشيد الوطني المغربي) merupakan sebuah lagu kebangsaan di Maroko. Lagu ini pertama kali dinyanyikan pada tahun1970. Penulis lagu ini adalah Ali Squalli Houssaini.

Text Arab:

منبت الأحرار #  مشرق الأنوار
منتدى السؤدد وحماه  #  دمت منتداه وحماه
عشت في الأوطان #  للعلى عنوان
ملء كل جنان  #  ذكرى كل لسان
بالروح # بالجسد
هب فتاك # لبي نداك
في فمي وفي دمي # هواك ثار نور ونار
اخوتي هيا #  للعلى سعيا
نشهد الدنيا #  أنا هنا نحيا
بشعار # الله الوطن الملك

Indonesian Translation:
Akar dari bebas,
Meningkatnya tempat Lampu.
Forum kemuliaan dan pelindung nya.
Mungkin Anda mengabadikan sebagai forum dan pelindung nya.
Semoga Anda tinggal di antara daerah asal,
Sebagai alamat untuk kemegahan
Mengisi setiap kebun.
disampaikan oleh segala lidah.
Dengan semangat,
Dengan tubuh,
Putramu telah datang,
Untuk menjawab panggilan Anda.
Di mulut saya dan dalam darah saya,
Cinta membangkitkan sebagai cahaya dan api.
Mari kita pergi saudara-saudara!
Menuju keagungan,
Membuat saksi dunia,
Bahwa kita di sini terus-menerus hidup,
Dengan motto:
Tuhan, tanah air, raja.

English Translation:
Fountain of Freedom,
Rising Place of the Light.
Forum of Independence and its protector.
Long live as the Forum of Independence and as its protector.
Long live among homelands,
As their emblem
Filling all hearts.
With memory for all languages,
With the spirit,
With the body,
Your son has come,
To answer your call.
In my mouth and in my blood,
Your love was stirred up as light and fire.
Let’s go brothers!
Running for the summit!
Make the world witness,
That we here live
With an emblem of:
God, homeland and king.

Moroccan National Anthem - Hymne Cherifien them - Hymne Cherifien 

Sumber:

-http://id.wikipedia.org/wiki/Maroko
http://vkusral.blogspot.com/2011/03/national-anthem-of-marocco.html-
-Google image
-Buku "Orientasi Mahasisaswa Baru" yg diterbitkan oleh Dept. Media Informasi, PPI maroko 2011-2012
-Dokumentasi Pribadi 

0 komentar:

Poskan Komentar

kritik dan saran yang konstruktif selalu kami tunggu dari para pembaca yang budiman,,,,,!!!