23 November, 2013

Bakti Sosial di Maroko (III)

Hari Ketiga
Sekitar pukul 12.00 siang, kami chek out Hotel. Kemudian bersiap-siap untuk kembali ke Rabat.

Tepat pukul 13.00 Bus melaju meninggalkan Fnideq. Setelah menempuh perjalanan sekitar satu jam, kami sampai di kota M'deq untuk beristirahat sekaligus makan siang disebuah rumah makan seafood.

Disini kami menghabiskan waktu sekitar dua jam, karena pukul 16.00 kami kembali melanjutkan perjalanan menuju Rabat.

Sekitar 2 jam kemudian, kami sampai di Munasirah, kawasan dekat kota Kenitra. Kami mampir di sebuah café di daerah ini. Sambil menikmati udara malam dan secangkir kopi, para panitia dan dokter yang bertugas melakukan evaluasi dan laporan selama kegiatan berlangsung. Satu persatu para penanggungjawab setiap tim yang bertugas di lapangan memaparkan laporan mereka.

Laporan mereka berisi tentang diaknosa penyakit yang mereka temui di lapangan, mengenai obat-obatan serta tentang kesimpulan setiap tim.

Berdasarkan data hasil laporan ini, dapat disimpulkan bahwa Jumlah pasien yang ikut berpartisipasi dan memeriksakan keluhan dan  penyakit mereka pada kegiatan ini sekitar 450 orang pasien dan mayoritas pasien anak-anak dengan diaknosa kebanyakan dari mereka menderita saluran pencernaan.

Acara diakhiri dengan pembagian piagam penghargaan kepada seluruh pastisipan. Sebelum acara ditutup, panitia meminta kami sebagai partisipan dari Indonesia untuk menyampaikan beberapa patah kata. Dalam kesempatan ini, kami mengucapkan rasa terimakasih dan aprisiasi kepada mereka yang telah berkenan memberi kami ruang untuk ikut berparstisipasi dalam kegiatan mulia ini. Diakhir kata, kami juga meminta kepada mereka agar selalu menjaga silaturrahmi yang sudah terjalin dan berharap dapat berkerjasama pada kesempatan-kesempatan berikutnya. Demi persabatan Indonesia – maroko yang lebih baik dan berkesinambungan da masa mendatang.

Setelah evaluasi dan laporan serta pembagian piagam penghargaan selesai, acara diakhiri dengan foto bersama, dan kemudian perjalanan kembali ke Rabat dilanjutkan.

Tepat pukul 22.30, bus berhenti di Madinah Irfan, Rabat. Para peserta dari kota Rabat turun dari Bus menuju tempat tinggal mereka masing-masing. Sedangkan rekan-rekan yang berdomisili di kota Casablanca melanjutkan perjalanan mereka.

Inilah reportase selama mengikuti kegiatan Sosio medical Caravan kemarin yang dapat kami bagi kepada teman-teman. Banyak pengalaman dan kesan yang tentunya sangat berharga bagi kami sebagai perwakilan dari PPI Maroko sebagai partisipan dalam kegiatan sosial ini. mudah-mudahan di lain waktu PPI mampu mengadakan kegiatan bakti sosial (Baksos) dengan langsung terjun ke masyarakat kalangan bawah, ke daerah-daerah terpencil. Karena ini tentunya sangat mengena di hati masyarakat Maroko.

Reporter:
Herdiansyah (Dept. Keilmuan & SDI)
Imroatul 'Alimatun Nafi'ah (Dept. Humas)

Tamat.




0 komentar:

Posting Komentar

kritik dan saran yang konstruktif selalu kami tunggu dari para pembaca yang budiman,,,,,!!!