23 November, 2013

Bakti Sosial di Maroko (I)

REPORTASE BAKSOS "SOSIO-MEDICAL CARAVAN"
 Fnideq, 27 – 29 September 2013.
Hari Pertama
Jum'at 27 September pukul 16.30 (GMT+1) kami beserta rombongan International Federation of Medical Studens' Associations (IFMSA) – Morocco dengan mengendarai Africa Bus berkapasitas 48 tempat duduk berangkat dari Madinah Irfan-Rabat menuju Fnideq-Tetouan.

Perjalanan berjalan lancar tanpa hambatan. Lama perjalanan dari Rabat menuju Fnideq ditempuh sekitar 7 jam, dengan dua kali istirahat untuk sekedar melepas lelah dan makan malam.

Ketika sampai di Tetouan sekitar pukul 21.00. Bus berhenti di depan restoran La Dolaba, kemudian rombongan segera turun dari Bus untuk melepas lelah sekaligus makan malam. Sebelum menyantap hidangan makan malam, para panitia memperkenalkan para penanggungjawab kegiatan dan sedikit briefing untuk kegiatan besok pagi. Setelah hampir satu jam kemudian, kami melanjutkan perjalanan menuju Fnideq,  

Setelah menempuh perjalanan hampir setengah jam, Sekitar pukul 23.30 kami sampai di hotel La Corniche-Fnideq untuk tempat bermalam selama kegiatan Bakti Sosial berlangsung.

Sekilas IFMSA

IFMSA (International Federation of Medical Studens' Associations) adalah sebuah organisasi non profit yang berdiri pada tahun 1951, organisasi ini merupakan wadah yang menghimpun mahasiswa kedokteran seluruh dunia. Maroko sendiri mulai bergabung dengan organisasi induk ini pada tahun 2012 yang kemudian diberi nama IFMSA-Maroko. Sampai saat ini anggota IFMSA maroko sendiri berjumlah sekitar 250 anggota yang tergabung dari dua kota besar, Casablanca dan Rabat. Berdasarkan keterangan dari hasil wawancara eksklusif kami kepada salah satu punggawa IFSMA-Maroko bahwa saat ini baru dua fakultas kedoteran ini yang tergabung dalam organisasi induk IFSMA-Maroko. Dalam waktu dekat, tiga fakultas kedokteran akan dibuka kembali di Maroko, diantaranya Fes dan Marakech.




Bersambung...!

0 komentar:

Posting Komentar

kritik dan saran yang konstruktif selalu kami tunggu dari para pembaca yang budiman,,,,,!!!