07 Oktober, 2014

Indonesia, Malaysia dan Thailand di Maroko


Ini cerita tentang tiga Negara dari semenanjung Asia Tenggara di Negeri Matahari Terbenam, Maroko. Tiga Negara itu ialah Indonesia, Malaysia, dan Thailand. Kenapa dengan tiga Negara ini? Dibanding dengan beberapa Negara ASEAN lainnya yang berada di Maroko, tiga Negara ini menurutku ada keunikan tersendiri, keunikan tersebut antara lain:

Tiga Negara ini yang terbanyak mahasiswanya yang melanjutkan studi mereka (baik jenjang S1, S2 dan S3) dibanding beberapa Negara ASEAN lainnya di Maroko.

Tiga Negara ini sama - sama mandapat jatah dari Kerajaan Maroko sebanyak 15 mahasiswa pertahun dan rutin mengirim delegasi mereka setiap tahunnya sesuai kouta yang ditentukan tersebut.

Masing-masing mahasiswa dari tiga Negara ini memiliki suatu wadah organisasi yang menaungi seleuruh masiswanya di Maroko. Indonesia dengan PPI Maroko (Perhimpunan Pelajar Indonesia di Maroko), Malaysia dengan PMMM (Persatuan Mahasiswa Malaysia di Maghribi) dan Thailand dengan T-SAM (Thailand Student Association In Morocco).

Antar organisasi induk ini, ada even dwi tahunan yang mereka namai SEAS Games, singkatan dari South East Asian Student Games yang bisa dikatakan SEA Games Versi Pelajar ASEAN di Maroko. Dalam even SEAS Games dilombakan  5 cabang olahraga khas Asia Tenggara, yaitu Futsal, Voly, Tenis Meja; Bulu Tangkis dan Sepak Takraw.

Keunikan lainnya, ketika pertama kali kita bertemu penduduk Maroko, mereka memberikan deskripsi sendiri tentang masing – masing tiga Negara ini, yang lumrah kita dengar itu, sebagai berikut:

Deskripsi orang Maroko tentang Indonesia. Kata mereka Indonesia itu Negara berpenduduk muslim terbesar di Dunia.

Negara dengan penduduk terbesar keempat setelah Cina, Amerika, dan India.

Indonesia itu orang – orangnya sangat ramah dan sopan, tertib dan lain sebagainya.

Lain lagi tentang Malaysia, kata mereka Negara maju dari segi ekonomi, kuat pengamalan agamanya. Selain itu, tokoh Mahathir Muhammad, mantan perdana menteri Malaysia juga dikenal sebagai tokoh yang sangat perperan dalam kemajuan Malaysia saat ini.

Lain lagi dengan Thailand, sebagian kaum muda dan anak remaja Maroko sangat ngefans dengan Hombak, salah satu aktor laga dari Negeri Gajah Putih ini.

Terus, keunikan selanjutnya. Saat pertama kali berjumpa dengan orang-orang Maroko, mereka kebanyakan langsung menebak negera asal kita dengan menyebutkan tiga Negara ini. Tanya mereka, Indonesy..? Malizy..? atau Thailandy..?

Yang terkhir, orang Maroko memilki satu gelar bersama bagi mereka dari Negara Asia Timur termasuk didalamnya tiga Negara ini, mereka selalu menyebut Chinoua yang artinya orang Cina. Entah kenapa, orang-orang Maroko sangat suka menyebut gelar ini. Padahal tidak semua mereka dari Cina. Mungkin karena tubuh mereka agak pendek dan mata sedikit sipit kali yaa…hehe..

Sudah, itu saja sedikit keunikan tiga Negara asal Nusantara ini di Mata orang-orang Maroko. nanti, jika ada keunikan lainnya, segera kita tambahkan pada kolom selanjutnya.



0 komentar:

Posting Komentar

kritik dan saran yang konstruktif selalu kami tunggu dari para pembaca yang budiman,,,,,!!!